Senin, 24 Januari 2011

Kampus

13 Kampus Kelas Wahid Unjuk Gigi

SETU-Perguruan tinggi negeri (PTN) kelas wahid unjuk gigi. Sebanyak 13 PTN ternama negeri ini, ambil bagian dalam Univeristy Day Out (UDO) di Griya Widya Bakti Puspitek, Setu Kota Tangsel, Minggu (23/1). Pameran kampus ini diselenggarakan The Banten Union Students (De-Bus) Institut Teknologi Bandung (ITB).
Sebanyak 2.800 siswa dan mahasiswa se-Banten ambil bagian dalam pagelaran besar ini. Ketua Panitia University Day Out Edwin Haeckal mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan referensi kepada siswa kelas tiga SMA se-Banten ketika hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Yakni dengan cara melihat program pendidikan yang di 13 kampus yang hadir di tempat tersebut. "Kami ingin menyosialisasikan program-program perkuliahan yang ada di 13 pergururan tinggi ternama di indonesia. Dengan harapan siswa SMA di Banten tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," kata Edwin.
Ditambahkan Edwin, ketigabelas kampus tersohor di Indonesia yang dihadir adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sultan Ageng Tirtasaya (Untirta) Serang, Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta, Universitas Pendidikan (UPI), Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) Tangerang, Universitas Brawijaya (UB) Surabaya, Universitas Negeri Semarang (UNS), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Dipenegoro (Undip), Jateng.
"Semua kampus yang yang hadir di sini kita fasilitasi stand untuk memperkenalkan program jurusan perkuliahan yang ada di masing-masing kampus," ujarnya. Masih kata Edwin, di stand setiap kampus juga, pengunjung diberikan infromasi mengenai beasiswa mahasiswa berprestasi serta jalur masuk masing-masing kampus. Terutama jalur ujian masuk mandiri (UMM).
"Di masing-masing stand juga memberikan soal ujian masuk perguruan tinggi masing-masing. Tujuannya untuk dipelajari siswa yang berminat di kampus tersebut," ungkapnya. Memang kata Edwin, yang dikhususkan pada kesempatan itu jurusan teknik.
Namun pada kesempatan itu, masing-masing kampus tidak dilarang untuk mengenalkan semua jurusan yang ada di tempatnya. "Agar pendidikan di bidang teknik tidak lagi menjadi momok menakutkan di kalangan siswa," kata mahasiswa semester tiga jurusan Teknik Mesin ITB ini.
Selain diberikan informasi tentang program studi kampus, ribuan siswa juga disuguhi penampilan kesenian khas Banten. Seperti Rampak Bedug serta Tarian Rakyat Banten dari Sanggar Seni Pandawa Serang. "Dalam kegiatan ini juga, siswa yang hadir diberikan sajian motivasi untuk mendorong mereka agar melanjutkan kuliah," tuturnya.
Pada bagian lain, Ketua De-Bus ITB Dirga Rikandi menuturkan, organisasi yang ia pimpin memang konsentrasinya di bidang penjaringan siswa SMA di Banten yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Salah satu caranya dengan mengadakan event University Day Out tersebut yang telah digelar untuk ke lima kalinya tersebut.
"Sebelumnya kita juga mengadakan road show ke 32 SMA di Banten dari mulai SMA di Kabupaten Lebak hingga SMA di Tangerang," pungkasnya. Sementara itu, salah satu pengunjung University Day Out Silvi Amelia asal SMA 1 Serang mengaku senang bisa hadir dalam kegiatan tersebut. Pasalnya selain bisa mendapatkan informasi tentang jurusan di kampus unggulan juga bisa mendapatkan motivasi dan mendapat kenalan baru. "Kalau program studi yang saya sukai jurusan broadcasting. Saya ingin jadi pembawa acara TV," akunya gadis berkulit putih tersebut. (esa)

Tidak ada komentar: